This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Friday 21 February 2014

Artificial Intelligence (Contoh Program sederhana Kecerdasan Buatan)


Artificial Intelligence merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin/komputer dapat melakukan pekerjaan seperti laykanya dan sebaik yang dilakukan oleh manusia. Teknologi Komputer diharapkan dapat diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu seperti yang dapat dikerjakan oleh Penerapan AI (artificial Intelligence) terhadap Jaringan komputer dan Urgensinya Didalam Teknologi Informasi manusia.

Simpelnya adalah "sebuaah program pada komputer yang di rancang agar dapat melakukan pekerjaan layaknya manusia"

Contohnya apa...?
banyak sekali dalam kehidupan kita hal-hal yang dapat di gantikan oleh robot. Namun dalam kesempatan kali ini saya akan mengambil contoh sebuah program sederhana yang di rancang agar dapat Mendiagnosis penyakit seorang pasien yang datang ke dokter untuk di periksa.

langsung aja ya... hehehe
sebelumnya kita harus membuat database yang berisi beberapa gejala dan solusi obat yang akan di berikan pada pasien.

saya tidak membuat program dengan aplikasi WOW. saya membuatnya hanya dengan program c++.
karna memang cuma program itu yang mudah buat saya hehehehehe.... itupun cuma saya modifikasi dari program swith case :D hehehehe

ini adalah database yang saya sudah input sebelumnya :


# include <stdio.h>

# include <conio.h>



main()

{

int p,l,s,r,lb,kb,lp,kp;

float lli,kli;

char kode;


printf("Apa Gejala Anda..? \n");

printf("================== \n");

printf("1. Pusing \n");

printf("2. Mual \n");

printf("3. Batuk \n");

printf("================== \n");

printf("Masukan Kode Gejala [1, 2, 3] : ");

scanf("%c", &kode);

switch (kode)

{





jadi setiap gejala memiliki nomor gejala masing-masing
Selanjutnya kita buat program output untuk menampilkan solusi obat dari input pilihan gejala di atas.


case '1':
printf("Obat Anda Adalah Bodrek di kombinasi dengan Sprit \n");
break;
case '2':
printf("Obat Anda adalah Antimo di kombinasi dengan Bodrex \n");
break;
case '3':
printf("Obat Anda Adalah Komix di kombinasi dengan Coca-cola \n");
break;
default:
printf(" Kode Tidak Ada");
}

getch();
return 0;
}


Oke,,
jadi ketika kita Input gejala dengan kode angka di atas maka akan tampil sebuah Output yang menampilkan solusi obat dari gejala yang telah di input tersebut.

Wednesday 19 February 2014

Kau Boleh Pergi...



Siang pasti digantikan malam
Sekeras apapun siang bertahan
Matahari pasti tumbang
Dan gelap menyelimuti
Siang pasti pergi
Dan sungguh kau boleh pergi

Kelopak bunga mawar pasti rontok...
Sekeras apapun dia ingin mekar lama
Pasti tiba masanya layu
Dan tangkai2 membisu
Bunga mawar pasti pergi
Dan sungguh kau boleh pergi

Hujan pasti reda
Selama apapun dia hendak turun
Pasti tiba masanya habis
Dan menyisakan basah di halaman
Hujan pasti pergi
Dan sungguh kau boleh pergi

Maka
Apalagi urusan perasaan
Cinta bisa berganti benci
Percaya memudar berganti kusam ragu
Pun komitmen menipis berubah jadi lupa
Kau boleh pergi
Sungguh boleh.

Tapi aku akan tetap di sini
Meyakini bahwa
Besok pagi, malam pun akan berganti siang
Mawar baru akan merekah ulang
Dan hujan berikutnya pasti kan datang

sungguh,, Kau boleh pergi...

Tuesday 18 February 2014

Teori bahasa dan Otomata (Contoh penggunaan Mesin Turing)


Mesin Turing

Jauh sebelum lahirnya program komputer, Alan Turing pada tahun 1936 telah mengeluarkan gagasannya berupa model mesin abstrak sebagai alat mekanik untuk mengerjakan prosedur yang efektif. Model ini disebut Mesin Turing.
Mesin turing dapat diadaptasi untuk mensimulasi logika dari setiap algoritma oleh karena itu cara kerja mesin turing adalah ekivalen dengan cara kerja komputer sekarang ini dan mesin turing juga ekivalen dengan problema komputasi matematika. Mesin turing tidak ditujukan sebagai teknologi komputasi praktis tetapi lebih sebagai eksperimen pemikiran yang mewakili sebuah mesin komputasi. Mesin turing membantu para ilmuan komputer memahami batas-batas komputasi mekanis.
Sebagai input dari mesin turing adalah kata atau untai atas suatu alfabet T. Mesin turing berhenti dengan keadaan menerima atau menolak untai. Kadang-kadang terjadi pula perulangan atau looping tak terhingga.

Keterangan :
· - Tape : Tempat diletakannya inputan yang berupa kata/untai.
· - Head: membaca dan menulisi sel pita mesin turing, bisa bergerak ke kiri atau ke kanan.
· - Finite StateControl (FSC) : otak dari TM, diimplementasikan dari algoritma pengenalan kalimat.



Contoh Mesin Turing Sederhana

Sebuah contoh mesin Turing dapat dibangun untuk melakukan komputasi sederhana yang didefinsikan seperti ini:

Tentukan ada berapa angka 1 dalam sebuah string berbentuk 0111...110 (rangkaian angka 1 yang didahului dengan 0 dan diakhiri juga dengan 0), apakah berjumlah genap atau berjumlah ganjil.

Jika angka 1 di antara dua angka 0 berjumlah genap, tulis sebuah angka 0 pada salah satu sel dari tape mesin Turing.

Jika angka 1 di antara dua angka 0 berjumlah ganjil, tulis sebuah angka 1 pada salah satu sel dari tape mesin Turing.

Untuk menyelesaikan masalah komputasi ini, kita buat tiga buah State bagi mesin Turing ini, yaitu Start, Even, dan Odd. Di samping itu kita buat sekumpulan aturan Transisi yang digunakan oleh
mesin Turing ini untuk melakukan proses komputasinya. Aturan-aturan Transisi tersebut dapat dituliskan demikian:

-Jika mesin Turing berada pada status Start, dan membaca simbol 0 pada Tape, lakukan hal berikut: Pindah status menjadi status Even, Ganti simbol 0 pada Tape dengan Blank (atau Hapus simbol 0 pada Tape), dan Bergerak ke kanan satu sel.

-Jika mesin Turing berada pada status Even, dan membaca simbol 1 pada Tape, lakukan hal berikut: Pindah status menjadi status Odd, Ganti simbol 1 pada Tape dengan Blank, dan Bergerak ke kanan satu sel.

-Jika mesin Turing berada pada status Odd, dan membaca simbol 1 pada Tape, lakukan hal berikut: Pindah status menjadi Even, Ganti simbol 1 pada Tape dengan Blank, dan Bergerak ke kanan satu sel.

-Jika mesin Turing berada pada status Even, dan membaca simbol 0 pada Tape, lakukan hal berikut: Pindah status menjadi Halt, Ganti simbol 0 pada Tape dengan 0, dan tetap pada sel tersebut (tidak perlu berpindah ke kiri maupun ke kanan).

-Jika mesin Turing berada pada status Odd, dan membaca simbol 0 pada Tape, lakukan hal berikut: Pindah status menjadi Halt, Ganti simbol 0 pada Tape dengan 1, dan tetap pada sel tersebut.





Palindrome itu adalah berasal dari bahasa Yunani yaitu Palindromos A Palindrome. Palindromos A Palindrome adalah kata atau kalimat yang sama dieja maju atau mundur(bacaan yang sama dieja pada kedua arah). Sebagai contoh sederhana adalah beberapa kata yang sederhana yaitu rotor, rotator, civic, madam, racecar, level, dan lain-lain. Untuk contoh lain yaitu kalimat palindrome adalah No lemon no melon, No devil lived on, Swap God for a janitor rot in a jar of dog paws, dll.


Dibawah ini adalah graf dari palindrome detector , merupakan sebuah simulasi mesin turing yang berfungsi untuk mendeteksi kata palindrome yang diinputkan oleh user. Kata atau untai yang dibentuk masih terbatas pada penggunaan huruf “A” dan “B”. Contoh kata yang dibentuk adalah “ABAABBA” untuk kata yang tidak termasuk dalam palindrome, dan “BABBAB” untuk kata yang termasuk dalam palindrome.







Pemrograman sederhana jenis mesin Turing ini tidak sesulit yang dibayangkan. Dimana sebenarnya pemrograman ini akan membentuk graph. Transisi state terdiridari5-tupel rangkaian pada setiap baris, dengan format seperti ini:
[state],[karakter],[state baru],[karakterbaru],[arah]
1 , _ , 2 , # , >
2 , A , 3 , A , >
Karakter '_' dapat digunakan untuk menunjukkan kosong(blank), 'H' untuk menunjukkan sebagai state berhenti/Halt (hanya berlaku pada sisi kanan transisi), dan '<' dan '>' untuk menunjukkan arah masing-masing bergerak kekiri atau kanan.

Sunday 16 February 2014

Ketika Senja Mendekap




Oh Senjaa... Kau Dekap Cinta
Oh Senja.. Kau Dekap rasa..
beriring asa yang kabur dalam doa
bertemakan hati tulus suka dan Cita..
Bertemakan Manis dan Pahitnya sebuah Rasa..
Oh.. senja Kau Dekapku...

kumandangmu selaras dengan makna
Kehabisanmu membawa Rasa
Jelmaanmu Menggugah Mata
Oh senja...

puing yang runtuh kau teguhkan
kau kumpulkan dengan sisa Asa ..
Kau kokohkan lagi...
kau baitkan lagi...
hingga Embun Kembali sirna
Hingga Embun berkesempatan untuk menCINTAI mu
Dengan Ketulusan Hati dan Dekapan Nya
Lewat Nya Kau Dekap Embun... Oh.. Senja..
rasa...
Asa..
Dekap...
Impian mungil di tangan Allah Semata..

ketika senja...


by: cici