Monday 13 April 2015

Frequency Domain


 Frequency Domain (Domain frekuensi) adalah sinyal dalam bentuk amplitudo terhadap frekuensi.Sebuah sinyal elektromagnetik dibentuk dari komponen berbagai frekuensi, masing-masing komponen itu disebut sinusoid. Setiap sinyal mempunyai suatu fungsi frekuansi domain S(f) yang menentukan amplitude puncak dari frekuensi sinyal yang konsisten.

   Konsep Frequency-Domain
Sebuah sinyal elektromagnetik dibentuk dari beberapa frekuensi. Sebagai contoh, sinyal
s (t) (4 / π ) x (sin(2πft) + (1/3) sin (2π(3f)t))
Spektrum sebuah sinyal adalah rentang frekuensi dimana sepktrum berada. Bandwidth mutlak dari suatu sinyal adalah lebar spektrum. Bagaimanapun juga, sebagian besar energi dalam sinyal ditahan kedalam band sempit dari f frekuensi secara relatif. Band ini ditunjukkan sebagai effective bandwidth atau bandwidth saja.
`
Dengan menggunakan Analisis Fourier, dapat diperlihatkan komponen-komponen dari setiap sinyal terhadap frekuensinya masing-masing.
Basic of Communication System Images
Spektrum dari sinyal adalah rentang frekuensi dimana komponen-komponen sinyal tersebut muncul. Pada gambar di atas spektrum dari sinyal tersebut adalah : f1 sampai dengan 3f1
Bandwidth absolut adalah lebar dari spektrum sinyal tersebut. Pada gambar di atas bandwidth absolut dari sinyal tersebut adalah : 2f1
Basic of Communication System Images
Pada gambar di atas dapat dilihat sebuah sinyal kotak pada frequency-domain. Bandwidth absolut dari sinyal seperti ini adalah tak terhingga, namun sebagian besar kekuatan sinyal tersebut berada pada bandwidth yang sempit.
Bandwidth efektif atau sering hanya disebut bandwidth adalah lebar spektrum dimana sebagian besar kekuatan sinyal terkonsentrasi.
Komponen DC adalah komponen sinyal yang memiliki frekuensi nol atau sering disebut juga Komponen Konstan.
Basic of Communication System Images


.