Thursday 7 November 2013

Tugas Agama Islam (Konsep Kerasulan)

Saking Galaunya sampek Hampir Lupa kalo ada tugas Agama dari dosen..
hehehe
oke langsung aja..

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ




Rasul (:رسول Rasūl; Plural رسل Rusul) adalah seorang yang mendapat wahyu dari Allah dengan suatu syari'at dan ia diperintahkan untuk menyampaikannya dan mengamalkannya. Setiap rasul pasti seorang nabi, namun tidak setiap nabi itu seorang rasul. Jadi jumlah para nabi itu jauh lebih banyak ketimbang para rasul.
Menurut syariat Islam jumlah rasul ada 312, sesuai dengan hadits yang telah disebutkan oleh Muhammad, yang diriwayatkan oleh At-Turmudzi.
Menurut Al-Qur'an Allah telah mengirimkan banyak nabi kepada umat manusia. Bagaimanapun, seorang rasul memiliki tingkatan lebih tinggi karena menjadi pimpinan ummat, sementara nabi tidak harus menjadi pimpinan. Di antara rasul yang memiliki julukan Ulul Azmi adalah Nuh, Ibrahim, Musa, Isa dan Muhammad. Mereka dikatakan memiliki tingkatan tertinggi dikalangan rasul. Rasul terbanyak di utus oleh Allah adalah kepada Bani Israel, berawal dari Musa berakhir pada Isa dan diantara keduanya terdapat seribu nabi.

Ar Rasul dlm AQ → Utusan/perutusan, perwalian, pemutus hukum, penyampai risalah & pembawa rahmat, tauladan yg baik (QS. 33:21, 21:107, 48:28, 5:67, 7:158, 5:55, 4:65)


يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ اتَّقِ اللَّهَ وَلا تُطِعِ الْكَافِرِينَ وَالْمُنَافِقِينَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيمًا حَكِيمًا

"Hai Nabi, bertaqwalah kepada Allah, dan janganlah kamu menuruti (keinginan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui, lagi Maha Bijaksana," – (QS.33:1)


لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu, suri teladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharap (pertemuan dengan) Allah dan (kedatangan) hari kiamat, dan dia banyak menyebut (nama) Allah." – (QS.33:21)


وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ 
"Dan tiadalah Kami mengutus kamu (Muhammad), melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam." – (QS.21:107)


هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللَّهِ شَهِيدًا 
"Dialah yang mengutus Rasul-Nya (Muhammad) dengan membawa petunjuk dan agama yang hak (Islam) agar dimenangkan-Nya terhadap semua agama. Dan cukuplah Allah sebagai saksi." – (QS.48:28)


Itulah berapa Ayat Al-Qur'an yang menjelaskan mengenai Rasul Alloh.
Secara garis besar inilah konsep Kerasulan
KONSEP KERASULAN

Nabi:
     Diberi wahyu untuk dirinya.
     Bilangan nabi terlalu ramai sehingga 124,000 orang.
     Seorang nabi tidak semestinya rasul.
     Kitab tidak diturunkan kepada para nabi.
     Tidak wajib mengetahui bilangan dan nama nabi.Rasul:
Rosul:
Diberi wahyu untuk dirinya dan disampaikan kepada kaumnya.
Bilangannya seramai 313 orang.
Setiap Rasul ialah seorang nabi.
Rasul menerima kitab dan suhuf untuk disampai kepada umatnya.
Diwajibkan mengetahui bilangan dan nama 25 orang rasul.

Rasul Ulul Azmi
 ialah mereka yang memiliki kesabaran yang amat tinggi ketika berdakwah.

Rasul Ulul Azmi:

 Nabi Muhammad
 Nabi Ibrahim
 Nabi Musa
 Nabi Isa
 Nabi Nuh

 Sifat-sifat Rasul

Sifat wajib:
Siddiq
Siddiq artinya benar. Benar adalah suatu sifat yang mulia yang menghiasi akhlak seseorang yang beriman kepada Allah dan kepada perkara-perkara yang ghaib. Ia merupakan sifat pertama yang wajib dimiliki para Nabi dan Rasul yang dikirim Tuhan ke alam dunia ini bagi membawa wahyu dan agamanya.
Pada diri Rasulullah SAW, bukan hanya perkataannya yang benar, malah perbuatannya juga benar, yakni sejalan dengan ucapannya. Jadi mustahil bagi Rasulullah SAW itu bersifat pembohong, penipu dan sebagainya.


Dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Quran) menurut kemahuan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan kepadanya.” (QS An-Najm: 4~5)

Amanah
Amanah artinya benar-benar boleh dipercayai. Jika satu urusan diserahkan kepadanya, nescaya orang percaya bahawa urusan itu akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Oleh kerana itulah penduduk Makkah member gelaran kepada Nabi Muhammad SAW dengan gelaran ‘Al-Amin’ yang bermaksud ‘terpercaya’, jauh sebelum beliau diangkat jadi seorang Rasul. Apa pun yang beliau ucapkan, dipercayai dan diyakini penduduk Makkah kerana beliau terkenal sebagai seorang yang tidak pernah berdusta.
Aku menyampaikan amanat-amanat Tuhanku kepadamu dan aku hanyalah pemberi nasihat yang terpercaya bagimu.” (QS Al-A'raaf: 68)

Tabligh
Tabligh artinya menyampaikan. Segala firman Allah SWT yang ditujukan oleh manusia, disampaikan oleh Baginda. Tidak ada yang disembunyikan walaupun ianya menyinggung Baginda sendiri.
Supaya Dia mengetahui, bahawa sesungguhnya rasul-rasul itu telah menyampaikan risalah-risalah Tuhannya, sedang ilmu-Nya meliputi apa yang ada pada mereka, dan Dia menghitung segala sesuatu satu persatu.” (QS Al-Jin: 28)
Dia (Muhammad) bermuka masam dan berpaling, kerana telah datang seorang buta kepadanya.” (QS 'Abasa: 1~2)

Fatanah
Fathonah artinya bijaksana. Mustahil bagi seseorang Rasul itu bersifat bodoh atau jahlun. Dalam menyampaikan ayat Al-Quran dan kemudian menjelaskannya dalam puluhan ribu hadis memerlukan kebijaksanaan yang luar biasa.
Baginda SAW harus mampu menjelaskan firman-firman Allah SWT kepada kaumnya sehingga mereka mahu memeluk Islam. Nabi juga harus mampu berdebat dengan orang-orang kafir dengan cara yang sebaik-baiknya.


Sifat Mustahil:
 Kizbu
 Khiyanah
 Kitman
 Baladah
(Ini adalah kebalikan dari sifat wajib bagi Rosul)

Sifat Harus

Nabi hidup seperti manusia biasa.


 Peranan rasul
 Menyeru manusia mentauhidkan Allah sebagai Tuhan Yang Esa
 Mengajar perkara ghaib seperti syurga dan neraka
 Menyampaikan berita gembira tentang balasan syurga untuk yang taat
 Menyampaikan berita dukacita tentang balasan neraka untuk yang ingkar
 Menyeru kepada kebaikan untuk kesejahteraan manusia
 Membaiki akhlak manusia supaya berakhlak mahmudah
 Mengajar manusia cara beribadat yang betul seperti cara solat

0 komentar:

Post a Comment